Kamis, 23 Oktober 2014
Home Berita Utama PT Indotan Akan Segera Beroperasi
PT Indotan Akan Segera Beroperasi PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 28 Desember 2010 10:58
Taliwang, Tambangnews.com.- PT Indotan, perusahaan tambang emas di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, menunda kegiatan eksplorasi karena masih menunggu izin pinjam pakai 31.204 hektar kawasan hutan dari Kementerian Kehutanan. "Seharusnya eksplorasi perusahaan itu dilakukan setelah izin usaha pertambangan (IUP) diterbitkan pemerintah daerah pada September 2010, namun ternyata izin pinjam pakai kawasan hutan masih diproses," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) Sumbawa Barat Hajamuddin.
Proses pemberian izin ini seharusnya tidak perlu memakan waktu lama karena sebelumnya antarkementerian sudah membahasnya sekaligus dijadikan bahan penyusunan kontrak karya (KK). Namun masih harus menunggu izin tersebut sehingga kegiatan eksplorasi ditunda, bahkan rekrutmen tenaga kerja juga terhenti karena masih menunggu izin dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Sesuai ketentuan, sebelum dimulai eksplorasi, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yakni penyelidikan umum, studi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal), dan studi kelayakan. Selanjutnya, proses pengambilan sampel atau pengeboran sporadis di beberapa titik yang sudah ditentukan. Beberapa di antara ketentuan itu sudah dipenuhi perusahaan,  tinggal izin pinjam pakai kawasan hutan yang masih terus diusahakan.
Meski ada beberapa kegiatan harus ditunda, aktivitas perusahaan terutama sosialisasi tetap dilakukan. "Saya sudah bersurat ke Disnakertrans termasuk perusahaan untuk segera memulai proses rekrutmen tenaga kerja," jelas Hajamuddin. Selain itu, untuk tahap awal, PT Indotan membutuhkan pekerja eksplorasi lebih dari 200 orang, terdiri atas tenaga lepas dan tenaga teknik.**
 
SocialTwist Tell-a-Friend
 

Gold Price Update

Gas Price Update

Artikel Terkait

Komentar

 
Fahri: Kenaikan BBM Sekarang Tidak Tepat 21 Oktober 2014, 06.28 Administrator Utama
Fahri: Kenaikan BBM Sekarang Tidak Tepat
Fadli Zon: Belum Mendesak Menaikkan Harga BBM 16 Oktober 2014, 06.28 Administrator Utama
Fadli Zon: Belum Mendesak Menaikkan Harga BBM
DR RI: Kalteng Selalu Kesulitan BBM 16 Oktober 2014, 06.22 Administrator Utama
DR RI: Kalteng Selalu Kesulitan BBM