Kamis, 27 November 2014
Home Berita Utama Pertamina Bangun Terminal BBM Pulau Sambu
Pertamina Bangun Terminal BBM Pulau Sambu PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 28 Desember 2011 09:49
JAKARTA, Tambangnews.com.-  PT Pertamina (Persero) akan membangun sarana dan fasilitas terminal BBM Pulau Sambu, Kepulauan Riau, dengan kapasitas 300.000 kiloliter (KL) guna mendukung ketahanan stok BBM nasional.

Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun dalam siaran persnya menjelaskan Sarana dan fasilitas terminal BBM yang akan dibangun di Pulau Sambu di antaranya berupa kawasan dan gudang berikat dengan kapasitas 300.000 KL dan 3 buah dermaga dengan ukuran kapal maksimal 100.000 DWT (dead weight tons) dengan draft maksimal 18 meter. Selain itu, juga terdapat fasililitas perkantoran dan sarana Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan (K3LL).

"Pembangunan fasilitas tersebut ditargetkan tuntas 2013. Dengan kapasitas 300.000 KL, pemanfaatan terminal tersebut akan sangat membantu dalam memperkuat ketahanan stok BBM nasional," jelas Harun.

Pembangunan terminal ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian pemanfaatan terminal BBM Pulau Sambu antara Pertamina dan PES. Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan dan President/Managing Director PES Nawazir pada 22 Desember 2011, setelah sebelumnya dilakukan penandatanganan Head of Agreement oleh kedua perusahaan pada 7 Juli 2011.

Sarana dan fasilitas terminal BBM Pulau Sambu akan melayani beberapa kegiatan, meliputi penerimaan material BBM ke kawasan berikat, penimbunan, penyaluran ke luar kawasan berikat, dan blending. Terminal BBM Pulau Sambu akan mengelola BBM milik Pertamina Energy Services Pte Ltd, anak perusahaan Pertamina.

Selain memperkuat ketahanan stok nasional, pembangunan terminal BBM Pulau Sambu juga diharapkan bisa mengoptimalkan potensi besar Pulau Sambu sebagai sentra bisnis BBM di kawasan regional. Dengan kerja sama ini diharapkan akan mendorong PES sebagai anak perusahaan Pertamina semakin percaya diri sebagai pelaku bisnis BBM di kawasan Asia Tenggara. (*/tn01)
SocialTwist Tell-a-Friend
 

Gold Price Update

Gas Price Update

Artikel Terkait

Komentar

 
The 5th Indonesia-Thailand Energy Forum Berlangsung di Bangkok 26 November 2014, 11.10 Administrator Internasional
The 5th Indonesia-Thailand Energy Forum Berlangsung di Bangkok
Lebih Irit, Bajaj Beralih Ke Bahan Bakar Gas 26 November 2014, 10.56 Administrator Nasional
Lebih Irit, Bajaj Beralih Ke Bahan Bakar Gas
Keren! Perizinan di Ditjen Migas Rampung Dalam 7 Hari 25 November 2014, 10.32 Administrator Utama
Keren! Perizinan di Ditjen Migas Rampung Dalam 7 Hari
Menteri ESDM: Ibuku Keren! Tidak Sekolah, Tapi Visioner 25 November 2014, 08.58 Administrator Opini
Menteri ESDM: Ibuku Keren! Tidak Sekolah, Tapi Visioner
Atasi Gangguan Keamanan, SKK Migas Kerja Sama Dengan TNI 21 November 2014, 08.55 Administrator Utama
Atasi Gangguan Keamanan, SKK Migas Kerja Sama Dengan TNI