Selasa, 29 Juli 2014
Home Berita Utama Realisasikan Comdev Rp 140,8 miliar, Newmont Serahkan 1.490 Bibit Sapi dan 500 Kambing

Daerah

 
Realisasikan Comdev Rp 140,8 miliar, Newmont Serahkan 1.490 Bibit Sapi dan 500 Kambing PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 10 Februari 2011 17:46
Benete, Tambangnews.com – PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) memulai program bantuan pengadaan 1.490 ekor bibit sapi dan 500 ekor kambing bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat yang ditandai dengan penyerahan 278 ekor bibit sapi kepada Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan KSB, Ir. Abbas, Kamis (10/2) di Pototano Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

“Bantuan sapi dan kambing ini diharapkan bisa dikembangkan oleh masyarakat petani peternak penerima bantuan di Sumbawa Barat sehingga bisa meningkatkan pendapatan keluarga,” kata Arif Perdanakusumah, Manajer Senior Hubungan Eksternal PTNNT.

Sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan, proyek pengadaan sapi dan kambing ini, menurut Arif, juga diharapkan dapat mendukung program Bumi Sejuta Sapi (BSS) yang telah dicanangkan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat.

“Program ini juga sejalan dengan program pengembangan masyarakat kami yakni meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan nilai yang dianut oleh PTNNT yakni menjadi yang terdepan dalam bidang tanggungjawab sosial,” katanya.

Program ini merupakan bagian dari proyek khusus Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat PTNNT senilai US$ 38 juta untuk Provinsi NTB, Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa yang telah dimulai pada 2010. Kabupaten Sumbawa Barat mendapatkan alokasi US$ 15,2 juta atau setara sekitar Rp 140,8 miliar.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan KSB, Ir. Abbas yang dihubungi via telpon selular menjelaskan bantuan ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat KSB.

”Kita akan menyalurkan bibit ini kepada kelompok peternak sapi yang berjumlah 214 kelompok  di KSB.” jelasnya.

Abbas  menjelaskan seluruh bantuan pengadaan bibit sapi dan kambing ini akan diserahkan oleh pihak PTNNT secara bertahap. ”Tergantung dari dari supply pengadaannya, jadi kami sendiri belum bisa menargetkan kapan bantuan tersebut diterima.” ungkapnya.

Namun pihaknya tetap akan menyalurkan bantuan tersebut tanpa harus menunggu hingga sampai semua terpenuhi. ”Kita langsung salurkan kepada kelompok-kelompok ternak secara bertahap.” tambahnya.

Diakuinya program bantuan bibit sapi dan kambing ini sejalan dengan upaya Provinsi NTB dalam menggalakan program Bumi Sejuta Sapi (BSS).  DI KSB sendiri sampai dengan bulan Februari 2011, populasi ternak sapi sudah mencapai 41 ribu lebih.

”Tahun 2011, Pemda KSB merencanakan pengadaan bibit sapi hingga 630 ekor, itu belum termasuk bantuan dari PTNNT.” infonya.
Dari data yang dihimpun Sumbawanews populasi ternak sapi di KSB pada akhir tahun 2009 sebanyak 36.159 ekor dan meningkat hingga akhir tahun 2010 mencapai hingga 40 ribu ekor.

Dengan jumlah populasi ternak yang dimiliki KSB saat ini, Abbas  optimis, target pemerintah dalam rangka sinkronisasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemrov) NTB dalam program Bumi Sejuta Sapi (BSS) akan tercapai. KSB sendiri untuk mensukseskan program tersebut menargetkan pada tahun 2013 mendatang akan memiliki populasi ternak sapi sebanyak 45 ribu ekor.

“Kalau pertumbuhan populasi sapi kita bisa meningkat dari target bisa saja target BSS kita bisa cepat tercapai,” Paparnya

Untuk KSB, PT Newmont Nusatenggara (PTNNT)  telah menganggarkan dana Community Developmant (Comdev) senilai Rp.140,8  miliar pada tahun 2010 lalu.  Pengalokasian dana ini ditindaklanjuti oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) DR. KH. Zulkifli Muhadli, SH, MM dengan mengajukan usulan penggunaan dana bantuan CSR dari PT NNT yg ditandatangani oleh Buapti KSB tertanggal 7 Juni 2010.  

Beberapa proyek yang telah dibiayai dengan dana proyek khusus Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat PTNNT untuk KSB adalah Pembangunan Jaringan Air Bersih di Kecamatan Seteluk, Pemasangan Tata Suara untuk Masjid Raya Kemutar Telu Center (KTC) Taliwang, Pemasangan Penerangan Jalan dan Fasilitas Umum di KTC dan pengadaan satu unit mobil dinas untuk Bupati KSB. Sementara proyek yang sedang dan akan dikerjakan terdiri dari konstruksi jalan ruas Benete - Sekongkang, perbaikan jalan masuk terminal dan tempat parkir di Pasar Induk KSB dan penambahan fasilitas pasar Seteluk. Sedangkan rencana proyek pengerjaan konstruksi jalan ruas Poto Tano – Taliwang dibatalkan atas permintaan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat karena jalan ini akan didanai dari APBN.

Total bantuan dana proyek khusus Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat yang disalurkan PTNNT kepada Pemda di NTB ( Pemprov NTB, Kab. Sumbawa dan KSB) mencapai 38 juta dolar AS atau sekitar Rp361 miliar. Bantuan dana khusus yang berasal dari pemegang saham asing PTNNT ini diluar kewajiban rutin PTNNT kepada negara setiap tahunnya berupa pajak, non pajak dan royalti.

Sejak tahun 1999 hingga 2010, PTNNT telah menyetor pajak, non pajak dan royalti sebesar Rp21,174 triliun kepada negara.

Selain manfaat keuangan langsung kepada pemerintah, keberadaan PTNNT juga memberikan manfaat ekonomi lainnya melalui pembayaran gaji kepada sekitar 4000 karyawan dan 3000 kontraktor, pembelian barang dan jasa dari lokal maupun nasional, serta program-program pengembangan masyarakat. (sn01)
SocialTwist Tell-a-Friend
LAST_UPDATED2
 

Gold Price Update

Gas Price Update

Artikel Terkait

Komentar