Sabtu, 20 Desember 2014
Home Berita Nasional Kenaikan BBM Bersubsidi Diusulkan Bertahap Tahun Depan
Kenaikan BBM Bersubsidi Diusulkan Bertahap Tahun Depan PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Minggu, 02 Desember 2012 21:21

Jakarta, Tambangnews.com. - Badan Pelaksana Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengusulkan  kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dilakukan secara bertahap pada tahun depan.

“Kenaikan BBM dapat dilaksanakan secara bertahap diperlukan agar anggaran subsidi BBM bisa dialihkan ke sektor yang lebih bermanfaat seperti  pembangunan infrastruktur gedung sekolah, rumah sakit dan sebagainya,” kata  Direktur Bahan Bakar Minyak Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Djoko Siswanto dalam acara Sindo Radio,  di Restoran Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (1/12).

Djoko mengimbau  masyarakat tidak perlu demo atau rebut  atas usulan ini. Kenaikan bertahap ini diharapkan  tidak memberatkan.

PT Pertamina (Persero) diminta untuk melakukan pengawasan dengan mengunakan sistem Informasi Teknologi (IT) agar konsumsi BBM bisa tersalurkan dengan baik. Selain itu, sistem IT dalam pengawasannya BBM  sangat bermanfaat untuk mengetahui pembeli menggunkan BBM  secara berlebih.

Pada tempat yang sama, Pengamat Perminyakan Maizar Rahman menilai kenaikan BBM subsidi bisa dilakukan pemerintah setiap dua bulan sekali sampai mencapai 12 persen.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Achmad Farial menjelaskan pemerintah diharapkan akan menaikkan harga BBM dikarenakan subsidi BBM setiap tahun selalu meningkat.Subsidi BBM  2013 bisa mencapai Rp200 triliun, sedangkan anggaran pembangunan kurang dari Rp 200 triliun.  Namun demikian subsidi ini tidak termasuk istrik  sebesar 93 triliun.(Kominfo/dry/tn02)

SocialTwist Tell-a-Friend
 

Gold Price Update

Gas Price Update

Artikel Terkait

Komentar