Jumat, 19 Desember 2014
Home Berita Daerah ANNUR : Tambang Untuk Rakyat
ANNUR : Tambang Untuk Rakyat PDF Cetak E-mail
Oleh Lukmanul Hakim   
Selasa, 27 Juli 2010 23:35
altSUMBAWA BESAR, Tambangnews.- Menyikapi perkembangan akhir-akhir ini, khususnya berkaitan dengan isu tambang yang ditujukan kepada pasangan M. AMIN, SH, M.Si serta Nurdin Ranggabarani, SH. MH (ANNUR) melalui kampanye hitam : isu An-Nur menjual Sumbawa yang merebak ditengah masyarakat saat ini. Dimana pasangan ANNUR telah ditempatkan pada posisi yang sangat dirugikan dan dicemarkan oleh selebaran, sms dan pemberitaan bohong yang penuh rekayasa serta fitnah kejam tanpa dasar dari oknum-oknum pengecut yang memutarbalikkan fakta secara tidak bertanggungjawab.

ANNUR dalam pernyataan sikapnya menegaskan, bahawa ANNUR sama sekali tidak memiliki keterkaitan, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap terbitnya ijin pertambangan emas diwilayah olat Cabe, kecamatan moyo utara, moyo hilir, seluas 11.320 ha. Yang telah diterbitkan ijinnya oleh Bupati Sumbawa, kepada PT. Aneka Tambang Tbk (PT.Antam), Jakarta, melalui Surat keputusan Bupati Sumbawa, Nomor 506/2010, tgl. 9 april 2010.

ANNUR juga tidak memiliki keterkaitan, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap terbitnya 20 ijin pertambangan lainnya diwilayah kabupaten sumbawa, seluas 228,3777,5 hektar,  yang telah diterbitkan ijinnya oleh Bupati Sumbawa sebagaimana disebutkan dalam surat Dinas pertambangan dan energi kabupaten Sumbawa,  yang ditujukan kepada ketua DPRD Sumbawa,  Perihal : data ijin pertambangan, surat nomor 540/556/dpe/2010, tgl 19 juni 2010. yang mana ke 20 ijin pertambangan tersebut, secara keseluruhan telah ditandatangani oleh bupati Sumbawa 2005-2010.

Nurdin Ranggabarani yang merupakan calon wakil Bupati Sumbawa ini, mendesak pemerintah kabupaten sumbawa untuk segera menjelaskan secara transparan kepada masyarakat luas tentang latar belakang dan proses penandatanganan keseluruhan ijin tambang dimaksud, karena terkesan ditutup-tutupi, bahkan cenderung hendak diingkari, dengan penjelasan-penjelasan yang membingungkan dan menyesatkan masyarakat, serta bertendensi mengaburkan fakta, mengingkari data yang mengelabui public.

ANNUR sebut Nurdin, berkomitmen kuat untuk mengelola seluruh sumberdaya daerah secara terbuka dan transparan dengan mengutamakan pemebelaan kepentingan rakyat sumbawa diatas kepentingan lainnya, serta berkomitmen untuk mengembalikan kedaulatan pengelolaan seluruh sumber daya alam terutama bidang pertambangan ketangan rakyat, dalam bentuk kelompok/ badan usaha rakyat, koperasi, badan usaha  milik desa/ badan usaha milik daerah, dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan dan kemaslahatan bersama, serta sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“ pernyataan ini kami sampaikan sebagai penjelasan dan pencerahan secara terbuka dan transparan kepada seluruh masyarakat kabupaten Sumbawa,”ujar Nurdin yang juga anggota DPRD Provinsi NTB dari komisi III yang membidangi pertambangan. (el)
SocialTwist Tell-a-Friend
LAST_UPDATED2
 

Gold Price Update

Gas Price Update

Artikel Terkait

Komentar